Selasa, 01 Oktober 2013

PROGRAM MEMANGGIL (BATCH)

Berikut ini adalah contoh memanggil program yang telah ada di PC, menggunakan format batch file.
1. Peratama, buka program edit text dlm hal ini saya menggunakan notepad++. 
2. Masukkan scrip berikut pada program edit text:



@echo off
color AC
cls
:start
echo.
echo.¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦  
echo.¦              MENU UTAMA               ¦
echo.¦                                       ¦
echo.¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦  
echo ¦  1. Buka PacketTracer5                ¦
echo ¦  2. Buka Calculator                   ¦
echo ¦  3. Buka Microsoft Word               ¦
echo ¦  4. Buka xampp                        ¦
echo ¦  5. Buka Firefox                      ¦
echo ¦  6. Selesai                           ¦
echo.¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦¦
echo.

set /p pilihan=pilih yang akan dibuka:
IF '%pilihan%' == '%pilihan%' GOTO Item_%pilihan%
:Item_1
start /MIN /D "C:\Program Files\Cisco Packet Tracer 5.3.3\bin" PacketTracer5.exe
GOTO Start
:Item_2
start /MIN /D "C:\Windows\System32" calc.exe
GOTO Start
:Item_3
start /MIN /D "C:\Program Files\Microsoft Office\Office12" PPTVIEW.EXE
GOTO Start
:Item_4
start /MIN /D "C:\xampp" xampp-control.exe
GOTO Start
:Item_5
start /MIN /D "C:\Program Files\Mozilla Firefox" firefox.exe http://www.google.com
GOTO Start
:Item_6
exit

3. Simpan sript yg telah di buat dengan extensi (.bat)
4. buka folder tempat penyimpanan td, kemudian jalankan programnya. Maka akan tampil seperti ini :


Sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat. :D
Jika ada Kesalahan script, silahkan berikan komentar anda.

0 komentar:

Posting Komentar