Selasa, 22 Oktober 2013

Teamviewer



PC Remote Access
PC remote access (pengontrol PC jarak jauh) adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengakses computer Anda dari jarak jauh. Aplikasi ini dapat digunakan dari mana saja asalkan terhubung ke jaringan internet baik yang menggunakan Wi-fi maupun modem.
Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengakses computer Anda dari jauh. Disini saya akan memberikan 3 contoh PC remote access yang sudah banyak digunakan :

Peratama adalah Team Viewer

Team viewer merupakan software remote access yang bisa digunakan secara gratis untuk penggunaan personal/non-commercial-use. Team viewer digunakan untuk melakukan koneksi secara remote, yaitu Anda bisa mengendalikan computer lain dari computer Anda selama masing-masing computer terhubung ke jaringan internet.
Fitur utama TeamViewer adalah:
1.      Remote Support
2.      Presentation
3.      File Transfer
4.      VPN
Yang sering saya gunakan hanya Remote Support (akses PC Klien melalui jalur internet), fitur/manfaat TeamViewer yang satu ini sangat membantu jika kita perlu mengakses PC yang jauh dari posisi kita sekarang, karena cukup terkoneksi internet dan mengetahui ID serta Password PC tersebut dalam hitungan detik kita sudah bisa akses PC itu secara remote seperti kita ada di depan PC tersebut secara langsung. Selain fungsi remote desktop, manfaat lain yang sering saya gunakan adalah "File Transfer" daripada berkirim file lewat email saya lebih pilih menggunakan teamviewer, karena bisa melakukan copy file langsung ke direktori yang kita inginkan, bisanya saya lakukan jika akan update program yang saya buat untuk beberapa konsumen.

Perbedaan utama yang saya rasakan saat menggunakan program ini dengan beberapa program untuk remote desktop adalah "cepat dan stabil" walau kadang saya akses internet hanya dengan koneksi GPRS, tapi masih sanggup melakukan remote ke PC lain,jika anda mempunyai koneksi internet yang cukup cepat dan stabil maka delay yang terjadi tidak akan terasa, karena seakan-akan anda berada langsung di depan PC tersebut.

Sebelum menggunakan Team viewer Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Bagi yang belum mendownload Anda bisa mendownloadnya disini. Berikut cara menggunakan Team Viewer :

a.   Isntal terlebih dahulu Tem Viewernya.     Klik gambar pencil, maka akan muncul tab baru stal telebih dahulu Team Viewer pada kedua PC.
b.      Koneksikan kedua PC ke internet baik itu yang menggunakan LAN maupun modem.
c.       Jalankan aplikasi Team Viewer di kedua PC. Untuk yang menggunakan modem maka akan langsung muncul ID dan password.

d.      Buatlah akun untuk Team Viewer, seperti pada gambar berikut.
      klik gambar pensil.
        Masukkan ID dan password yang ingin kita buat.


g.      Jika telah selesai, maka akan tampil bar baru seperti ini.

h.      Setelah selesai membuat akun pada kedua PC, masukkan ID PC yang akan dikendalikan pada Partner ID.

i.        Pilih Remote control. Klik connection to partner, lalu masukkan password PC yg akan kita remote.
j.    Berikut adalah tampilan PC yang dikendalikan pada PC yang mengendalikan.


k.       Untuk menggunakan fasilitas chat :
       Klik menu Audio/Video -> Chat.
       Ketikan tulisan untuk chat pada kotak yang bertuliskan “Type your message      here  lalu pilih Send atau tekan Enter. Berikut tampilannya :
l.    Untuk video, klik pada menu diatas chat yang bergambar video recorder.

m.  Untuk Voice Over IP, klik menu yang bergambar earphone. Voice Over IP berguna agar kita dapat berbicara dengan pengguna PC yang kita kendalikan :

n.    Untuk file transfer, klik menu yang bergambar file. Dari file transfer ini kita bisa mengirim data ke computer yang dikendalikan dan mengambil data dari computer yang dikendalikan.
Untuk mengirim :
·         Pilih alamat tempat masuknya data pada address remote computer.
·         Klik file yang akan dikirim pada local computer.
·         Klik Send
Untuk mengambil :
·         Pilih alamat tempat masuknya data pada address Local computer.
·         Klik file yang akan dikirim pada remote computer.
·         Klik Recieve

o.   Untuk file box:
                          klik gambar folder biru di sebelah kanan, maka akan muncul folder dimana kita bisa memilik file-file yg akan kita bagi/tranfer :
maka akan tampil seperti gambar berikut.
itu artinya kita telah sukses menggunakan file box.














0 komentar:

Posting Komentar